10 Manfaat belajar piano untuk anak, tertarik untuk mencobanya?

10 Manfaat belajar piano untuk anak, tertarik untuk mencobanya?

Ada beragam manfaat yang dapat diraih oleh anak ketika ia terbiasa bermain dan belajar piano. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Tahukah Parents jika bermain alat musik tidak hanya sebuah hobi, tapi juga memiliki manfaat untuk perkembangan anak. Salah satu alat musik yang dapat anak pelajari yaitu piano, karena dengan belajar piano, anak akan meraih banyak manfaat secara fisik dan kognitif. 

Beberapa manfaat dari anak belajar piano sudah terbukti secara ilmiah. Dilansir dari situs Piano Emporium, setidaknya inilah 10 manfaat belajar piano yang dapat anak raih dan sangat rugi jika dilewatkan.

10 Manfaat belajar piano untuk anak

1. Menghilangkan stres

Menurut studi, bermain piano dapat meningkatkan kesehatan mental. Orang-orang yang bermain piano cenderung mengalami lebih sedikit kecemasan dan depresi daripada mereka yang tidak suka bermain piano.

Bermain piano selama beberapa menit sehari dapat meningkatkan kebahagiaan. Serta, membuat kepribadian anak menjadi lebih positif.

belajar piano

2. Melatih konsentrasi

Dengan bermain piano, anak dapat melatih keterampilan konsentrasi. Saat itu, konsentrasi anak akan terpisah, karena ia harus menggunakan kedua tangan, membaca musik, mendengarkan irama piano yang dimainkan, dan menginjak pedal, semua dilakukan secara bersamaan.

Apabila anak mahir melatih konsentrasi saat bermain piano, maka kemungkinannya ia juga akan memiliki kemampuan multitasking. Kemampuan tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk kehidupannya kelak. 

Artikel terkait : Musik penting untuk dipelajari anak-anak, ini alasannya menurut psikolog

3. Mudah dimainkan

Dibandingkan dengan alat musik lain, piano termasuk yang mudah dimainkan. Selain itu, saat bermain piano, tidak ada sakit fisik yang dirasakan seperti bermain alat musik lain.

Misalnya, saat bermain gitar, seseorang harus mengepal jarinya, lalu ketika bermain alat musik tiup, harus menggunakan otot-otot wajah dan bibir untuk menghasilkan suara. Dengan begitu, sering membuat sakit dan dapat menghalangi anak untuk belajar alat musik.

10 Manfaat belajar piano untuk anak, tertarik untuk mencobanya?

4. Merangsang neuroplastisitas

Neuroplastisitas adalah kemampuan otak untuk membentuk dan mengatur kembali koneksi sinaptik. Sederhananya yaitu kemampuan otak untuk mengubah bentuk dan fungsi secara khusus ketika dirangsang oleh aktivitas fisik.

Dengan begitu, anak dapat meningkatkan daya ingat, perhatian, bicara, bahasa, keterampilan spasial dan matematika. Bahkan, juga dapat menyampaikan emosi secara vokal.

5. Meningkatkan prestasi sekolah

Siswa yang belajar piano memiliki perkembangan kognitif umum dan spasial yang lebih baik daripada siswa yang tidak belajar piano. Selain itu, biasanya mereka akan memiliki prestasi di sekolah  lebih baik daripada yang lain.

Artikel terkait: Ingin anaknya tumbuh cerdas, Hanung daftarkan Kala dan Syibil les piano

6. Kesehatan fisik

Bermain piano menawarkan keuntungan fisik dan fisiologis yang berbeda untuk pemainnya. Misalnya, mempertajam keterampilan motorik halus, meningkatkan ketangkasan dan koordinasi tangan-mata.

Tak hanya itu, musik juga terbukti merilekskan denyut jantung dan pernapasan, menurunkan risiko komplikasi jantung, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan respons imun.

Bermain piano juga bisa membuat otot tangan dan lengan lebih kuat dari orang yang tidak belajar piano.

7. Meningkatkan kesadaran aural atau bunyi

Bermain piano melatih anak untuk mengenali nada, interval, dan kord. Berapa pun usia kita berlatih dan bermain piano, kesadaran aural akan meningkat seiring rutinnya kita bermain piano.

10 Manfaat belajar piano untuk anak, tertarik untuk mencobanya?

8. Belajar piano membantu peningkatan hormon pertumbuhan manusia (HgH)

Kelenjar hipofisis memproduksi hormon pertumbuhan manusia. Hormon ini membantu mengatur komposisi tubuh, cairan tubuh, pertumbuhan otot dan tulang, metabolisme gula dan lemak, dan kemungkinan fungsi jantung.

Studi menunjukkan, anak yang belajar piano diketahui dapat meningkatkan kadar HgH dalam sistem mereka. Hal ini merupakan dampak positif dari belajar piano, karena hormon pertumbuhan membantu menjaga tingkat energi dan mencegah timbulnya beragam penyakit saat usia tua.

9. Kritik konstruktif

Kemampuan untuk menanggapi dan memberikan kritik merupakan sebuah aspek lain dari kehidupan sehari-hari.

Dengan bermain dan berlatih piano, anak akan bisa meningkatkan kemampuan tersebut, karena ia terbiasa mendapatkan feedback dan kritik yang membangun dari guru musik mereka.

10. Menjalani hidup yang lebih indah

Mendengarkan musik, khususnya yang dihasilkan dari piano dapat memunculkan emosi positif bagi para pendengar maupun pemainnya. Bermain piano juga merupakan cara untuk menyatukan komunitas yang lebih besar, serta kelompok keluarga dan teman yang lebih kecil.

Nah, itulah 10 manfaat dari belajar piano yang dapat diraih oleh anak. Semoga bermanfaat, ya.

Sumber : Piano Emporium

Baca juga :

Tips Memilih Kursus Musik Untuk Anak

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

app info
get app banner