Sedang Promil? Inilah 10 Cara Alami untuk Tingkatkan Kesuburan

Sedang Promil? Inilah 10 Cara Alami untuk Tingkatkan Kesuburan

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperbesar peluang hamil dan punya anak. Berikut ini cara alami meningkatkan kesuburan bagi Anda dan pasangan.

Menjalankan program kehamilan butuh perhatian dari pasangan suami istri. Artikel ini akan mengulas 10 cara alami meningkatkan kesuburan bagi Anda, calon Ayah dan Bunda.

Memiliki momongan bisa menjadi tantangan besar untuk sebagian pasangan. Jika Anda termasuk yang menghadapi problema ini, ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian. Faktanya, masalah kesuburan dialami hingga 15 persen pasangan.

Banyak yang bilang, urusan momongan adalah hak prerogatif Tuhan. Tentu saja ini benar, tetapi sebagai calon orangtua Anda bisa mengupayakan berbagai hal untuk membantu meningkatkan kesuburan. Dengan begitu, peluang hamil dan punya anak semakin besar.

10 Cara Alami Meningkatkan Kesuburan

Sedang Promil? Inilah 10 Cara Alami untuk Tingkatkan Kesuburan

Dilansir dari Healthline, berikut 10 cara alami untuk meningkatkan kesuburan agar cepat hamil.

1. Sarapan Sehat dan Padat Kalori

Sarapan ternyata dapat membantu mereka yang alami masalah kesuburan. Satu penelitian menemukan bahwa sarapan sehat padat kalori dapat memperbaiki kondisi sindrom ovarium polikistik (PCOS), penyebab utama infertilitas.

Untuk wanita berat badan sedang dengan PCOS, makan sebagian besar kalori saat sarapan akan mengurangi kadar insulin hingga 8 persen dan kadar testosteron hingga 50 persen.

Sedang Promil? Inilah 10 Cara Alami untuk Tingkatkan Kesuburan

Pada akhir penelitian tersebut, ditemukan bahwa perempuan yang sarapan sehat padat energi mengalami ovulasi lebih banyak daripada mereka yang sarapan lebih sedikit dan makan malam lebih banyak.

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa meningkatkan porsi sarapan Anda tanpa mengurangi porsi makan malam akan menyebabkan penambahan berat badan yang justru tak baik.

Intinya, makanlah sarapan lebih banyak daripada makan malam.

2. Konsumsi Protein Nabati dan Ikan

Sedang Promil? Inilah 10 Cara Alami untuk Tingkatkan Kesuburan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika 5 persen dari total kalori berasal dari protein nabati, risiko infertilitas menurun lebih dari 50 persen.

Sementara studi lain di tahun 2018 menyimpulkan bahwa makan lebih banyak ikan segar ketika menjalankan promil membuat seseorang berpeluang besar melahirkan anak.

Artikel terkait: Jam Kerja Dapat Sebabkan Masalah Kesuburan Wanita?

3. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

cara alami meningkatkan kesuburan

Antioksidan seperti folat dan seng dapat meningkatkan kesuburan baik suami maupun istri. Antioksidan berperan melawan radikal bebas yang dapat merusak sperma dan sel telur.

Makanlah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang kaya antioksidan bermanfaat seperti vitamin C dan E, folat, beta karoten, dan lutein.

4. Jangan Lupakan Serat

Serat membantu tubuh Anda membuang kelebihan hormon dan menjaga keseimbangan gula darah. Jenis serat tertentu bahkan dapat membantu menghilangkan kelebihan estrogen dengan mengikatnya di usus. Kelebihan estrogen kemudian dikeluarkan dari tubuh sebagai produk limbah.

Sedang Promil? Inilah 10 Cara Alami untuk Tingkatkan Kesuburan

Beberapa contoh makanan berserat tinggi adalah ubi jalar, biji-bijian seperti gandum dan oat, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Asupan serat harian yang direkomendasikan untuk perempuan adalah 25 gram per hari dan 31 gram untuk laki-laki.

5. Batasi Karbohidrat Olahan, Cara Alami Meningkatkan Kesuburan

Contoh karbohidrat olahan adalah makanan dan minuman manis, biji-bijian olahan, termasuk tepung-tepungan, pasta putih, roti, dan nasi putih. Karbohidrat jenis ini diserap dengan sangat cepat, menyebabkan lonjakan gula darah dan kadar insulin. 

cara alami meningkatkan kesuburan

Insulin secara kimiawi mirip dengan hormon ovarium, hormon yang membantu sel telur matang.

Namun, peningkatan insulin yang konsisten dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit hormon reproduksi karena tubuh dianggap tidak membutuhkannya lagi. Ini dapat menyebabkan kurangnya pematangan sel telur dan ovulasi.

6. Hindari Lemak Trans

Konsumsi makanan dengan kandungan lemak sehat setiap hari penting untuk meningkatkan kesuburan dan kesehatan secara keseluruhan.

Sebaliknya, lemak trans dikaitkan dengan peningkatan risiko infertilitas, karena efek negatifnya pada sensitivitas insulin.

Sedang Promil? Inilah 10 Cara Alami untuk Tingkatkan Kesuburan

Lemak trans biasanya ditemukan pada margarin, makanan yang digoreng, produk olahan, dan makanan yang dipanggang seperti kue dan cake. Biasakan membaca label nutrition fact untuk mengetahui produk yang Anda beli tinggi lemak trans atau tidak.

Pola makan tinggi lemak trans dan rendah lemak tak jenuh dikaitkan dengan kemandulan bagi laki-laki maupun perempuan.

7. Cara Alami Meningkatkan Kesuburan dengan Olahraga 

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda, termasuk meningkatkan kesuburan. Meningkatkan aktivitas fisik memiliki efek positif pada kesuburan laki-laki dan perempuan, terutama mereka yang mengalami obesitas.

cara alami meningkatkan kesuburan

Meski begitu, olahraga berlebihan juga tak baik. Sebab dapat mengubah keseimbangan energi dalam tubuh, dan berdampak negatif pada sistem reproduksi.

Artikel terkait: Hati-hati! 5 Aktivitas ini bisa memicu masalah kesuburan

8. Jaga Berat Badan yang Sehat sebagai Cara Alami Meningkatkan Kesuburan

Berat badan adalah salah satu faktor paling berpengaruh dalam hal kesuburan, baik suami maupun istri. Faktanya, kekurangan berat badan atau kelebihan berat badan dikaitkan dengan peningkatan infertilitas.

Sedang Promil? Inilah 10 Cara Alami untuk Tingkatkan Kesuburan

Untuk meningkatkan peluang hamil, konsultasikan dengan ahli gizi Anda untuk menurunkan berat badan jika Anda terlalu gemuk dan bagaimana menambah berat badan jika Anda terlalu kurus.

9. Konsumsi Bee Pollen, Royal Jelly, dan Propolis

Bee pollen dikaitkan dengan peningkatan kekebalan, kesuburan, dan kesehatan secara keseluruhan. Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa mengonsumsi bee pollen dikaitkan dengan peningkatan kualitas sperma. Meski demikian, uji pada manusia masih diperlukan.

Sedang Promil? Inilah 10 Cara Alami untuk Tingkatkan Kesuburan

Royal jelly, yang juga dibuat oleh lebah, mengandung asam amino, lipid, gula, vitamin, asam lemak, zat besi, dan kalsium. Studi pada hewan menemukan royal jelly dapat meningkatkan kesehatan reproduksi.

Sementara sebuah studi terhadap perempuan dengan endometriosis menemukan bahwa mengonsumsi propolis lebah dua kali sehari menghasilkan peluang 40 persen lebih besar untuk hamil setelah 9 bulan.

10. Luangkan Waktu untuk Bersantai

Melihat teman-teman Anda mulai hamil dan punya anak, mungkin membuat Anda agak stres. Namun tahukah Anda, saat stres meningkat akan terjadi perubahan hormon dan peluang untuk hamil malah bisa menurun.

cara alami meningkatkan kesuburan

Jadi, latihlah diri Anda untuk mengendalikan stres. Lagipula Anda punya keistimewaan menghabiskan lebih banyak waktu berdua bersama pasangan, maka nikmatilah itu.

Semoga informasi ini bermanfaat dan Anda segera dikaruniai momongan, ya!

Baca juga:

Mitos Kesuburan Wanita dan Kebenarannya

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

app info
get app banner