5 Ciri dan Gejala Infeksi Virus Corona pada Anak, Parents Perlu Tahu!

5 Ciri dan Gejala Infeksi Virus Corona pada Anak, Parents Perlu Tahu!

Mirip dengan penyakit lain, yuk simak lima ciri dan gejala umum infeksi Virus Corona pada anak berikut ini!

Kasus Virus Corona yang menyerang pernapasan sering kali ditemukan pada orang dewasa atau lanjut usia. Namun, pada beberapa kejadian, virus penyebab COVID-19 juga kerap ditemui pada anak dan tidak jarang menimbulkan komplikasi. Maka, orangtua tetap perlu mengenali ciri dan gejala umum Virus Corona pada anak agar bisa melakukan upaya pencegahan sejak dini.

Tidak hanya itu, penelitian di JAMA Network Open juga memaparkan, rata-rata anak yang terinfeksi Virus Corona menunjukkan gejala sama dengan penyakit umum lain seperti flu. Hal ini membuat para peneliti menekankan agar orangtua waspada dan lebih memahami ciri dan gejala infeksi virus 2019-nCoV ini secara keseluruhan.

Selengkapnya, berikut penjelasan gejala dan ciri virus corona pada anak yang telah kami rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Artikel terkait: Ini Perbedaan Gejala COVID-19 dan Flu Pada Anak Menurut Ahli, Parents Wajib Tahu!

Ciri dan Gejala Infeksi Virus Corona pada Anak yang Perlu Diketahui 

#1. Ciri dan Gejala Virus Corona Mirip Flu

5 Ciri dan Gejala Infeksi Virus Corona pada Anak, Parents Perlu Tahu!

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gejala virus Corona pada anak mirip dengan beberapa penyakit lain seperti flu. Gejala yang kerap muncul berupa demam, batuk, radang tenggorokan, serta bersin.

Meski mirip, beberapa ahli menyebutkan bahwa gejala antara kedua penyakit tersebut juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Studi dari JAMA Network Open menjelaskan, anak-anak yang terserang flu lebih cenderung mengalami sesak napas dibandingkan dengan mereka yang terinfeksi Virus Corona.

ciri dan gejala corona pada anak

Sementara itu, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memaparkan, baik gejala COVID-19 maupun flu juga bisa saja terjadi secara bersamaan. Sehingga orangtua dianjurkan lebih wasapada. Hal ini pun dijelaskan oleh Nathaniel Beers, dokter anak dari Children’s National Medical Center, Amerika Serikat.

“Gejala flu maupun COVID-19 sangatlah mirip dan bisa saja terjadi bersamaan. Maka, ada baiknya orangtua langsung menghubungi dokter ketika mereka sakit. Terlebih jika gejala mencangkup batuk, demam, maupun diare,”ungkap Nathaniel seperti yang dikutip dari laman Healthline.

#2. Anak Menunjukkan Gejala Dehidrasi

5 Ciri dan Gejala Infeksi Virus Corona pada Anak, Parents Perlu Tahu!

Selain alami sesak napas, timbulnya ciri dehidrasi bisa menjadi gejala lain yang membedakan antara flu dan COVID-19 pada anak.

Beberapa ciri dehidrasi yang kerap ditunjukkan oleh Si Kecil sebagai tanda Virus Corona biasanya adalah:

  • Anak tidak buang air kecil selama 8 – 12 jam dalam sehari
  • Menangis tanpa mengeluarkan air mata
  • Wajahnya tampak lemas dan pucat
  • Anak tidak aktif seperti biasanya

Jika sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut, segera periksakan Si Kecil ke dokter. Tak lupa, sebagai upaya pencegahan, pastikan kebutuhan cairan anak tercukupi. Berikan ia air mineral secara rutin atau pun ASI untuk bayi di bawah satu tahun.

Ciri dan Gejala Virus Corona pada Anak #3. Munculnya Masalah Pencernaan

5 Ciri dan Gejala Infeksi Virus Corona pada Anak, Parents Perlu Tahu!

Salah satu gejala khusus Virus Corona pada anak adalah timbulnya berbagai masalah pencernaan seperti diare, perut mual, serta muntah.

Masalah pencernaan ini juga kerap datang tanpa disertai gejala umum Virus Corona lain seperti demam. Sehingga banyak orangtua yang mengira jika kondisi pencernaan ini sebagai alergi atau masalah diare biasa.

Artikel terkait: Risiko virus corona bagi ibu hamil dan anak, benarkah sangat berbahaya?

#4. Anak Terihat Lemas dan Nafsu Makannya Berkurang

ciri dan gejala corona pada anak

Ada satu poin penting dalam membedakan apakah masalah pencernaan yang dialami Si Kecil merupakan gejala Virus Corona atau bukan. Saat anak terinfeksi virus ini, biasanya gejala pencernaan yang ditimbulkan disertai dengan nafsu makan anak yang berkurang.

Tidak hanya itu, kondisi tubuh anak pun akan terlihat jauh lebih lemas daripada biasanya. Si Kecil biasanya sering menangis, gelisah, atau malah menjadi lebih pendiam karena terlalu lemas untuk beraktivitas.

#5. Timbulnya Masalah Pernapasan

ciri dan gejala corona pada anak

Gejala Virus Corona juga bisa dilihat dari cara ia bernapas. Faktanya, kebanyakan pasien COVID-19 mengalami masalah pada sistem pernapasannya. Sehingga gejala terkait hal ini pun bisa dialami oleh anak saat ia terinfeksi.

Melansir berbagai sumber, berikut merupakan masalah pernapasan yang bisa saja timbul sebagai gejala Virus Corona pada anak:

  • Napas anak lebih cepat dari biasanya: Lebih dari 20 kali per menit pada anak di atas 12 tahun, lebih dari 40 kali per menit pada anak usia 1 – 12 tahun, serta lebih dari 50 kali per menit pada usia 2 bulan – 1 tahun. Namun, setiap anak biasanya memiliki kondisi berbeda-beda. Jika napas anak lebih cepat dari biasanya, segeralah periksakan ke dokter.
  • Anak mengalami batuk kering secara terus-menerus atau lebih dari tiga hari
  • Napasnya terdengar berat dan lubang hidung melebar saat bernapas
  • Mudah lelah dan napas cenderung lebih cepat ketika sudah beraktivitas fisik seperti biasa

Mencegah Virus Corona pada Anak

Jika anak sudah menunjukkan kelima gejala tersebut, maka langkah terbaik yang perlu dilakukan orangtua adalah memeriksakan ia ke dokter.

Tidak hanya itu, infeksi Virus Corona pun bisa dicegah sejak dini. Beberapa upaya pencegahan COVID-19 pada anak yang bisa dilakukan di antaranya adalah:

  • Upayakan untuk tetap di rumah saja jika tidak ada keperluan mendesak
  • Jika terpaksa harus membawa anak ke luar rumah, gunakan masker dan lakukan physical distancing secara disiplin
  • Terapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang serta rutin olahraga
  • Dorong anak untuk menjaga kebersihan seperti rajin cuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun dan air mengalir

Artikel Terkait: Vaksin Corona untuk Anak & Ibu Hamil Belum Direkomendasikan, Ini Alasannya

Nah, itulah beberapa ciri dan gejala Virus Corona pada anak serta langkah mencegahnya. Selalu ingat untuk melakukan upaya pencegahan penularan COVID-19 di lingkungan keluarga ya, Parents. Terapkan pola hidup bersih dan sehat, serta hindari pergi ke luar rumah jika memang tidak mendesak. Semoga bermanfat!

***

Baca juga:

Waspada! Infeksi Virus Corona pada anak berkaitan dengan gejala penyakit kawasaki

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

app info
get app banner