5 Jenis imunisasi bagi ibu hamil beserta kisaran harganya, wajib tahu!

5 Jenis imunisasi bagi ibu hamil beserta kisaran harganya, wajib tahu!

Demi mencegah kondisi buruk yang tidak diinginkan, ibu hamil dianjurkan untuk mendapatkan imunisasi atau vaksin.

Imunisasi atau vaksin tidak hanya dibutuhkan oleh bayi, tapi ibu hamil juga perlu melakukannya. Terdapat beragam jenis imunisasi ibu hamil yang sebenarnya penting diberikan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin yang dikandung.

Pemberian imunisasi pada saat hamil juga bermanfaat untuk menurunkan risiko seperti keguguran, kelahiran prematur, dan berat bayi rendah saat lahir. Selain itu, bisa juga melindungi dari serangan penyakit dan infeksi berbahaya.

Pada dasarnya, vaksin atau imunisasi ibu hamil ini bisa memberikan antibodi pada janin melalui plasenta. Lantas, jenis imunisasi apa saja yang sebaiknya diberikan pada ibu hamil?

Imunisasi ibu hamil, jenis vaksin yang dianjurkan

imunisasi ibu hamil

Menurut dr. Aditya Prabawa, SpOG., dokter spesialis kandungan, yang dikutip dari situs Alodokter, ada beberapa jenis vaksin yang direkomendasikan diberikan bagi ibu hamil untuk melindungi dirinya dan janin dan serangan penyakit. Di antaranya adalah:

  • Vaksin tetanus toksoid – difteri toksoid – pertussis aseluler (Tdap)
  • Pneumokokus
  • Meningokokus
  • Hepatitis A
  • Hepatitis B

Vaksin Tdap dianjurkan diberikan pada ibu hamil saat usia kehamilannya sudah 27-36 minggu. Ini demi memaksimalkan respons kekebalan tubuh dan meningkatkan transfer antibodi ke janin.

Artikel terkait : Catat 5 jenis vaksin yang sebaiknya dihindari saat hamil, bisa membahayakan janin!

5 Jenis imunisasi bagi ibu hamil beserta kisaran harganya, wajib tahu!

Sementara itu, untuk vaksin pneumokokus, meningokokus, hepatitis A, dan hepatitis B diberikan bagi ibu hamil yang memiliki faktor risiko tertentu. Misalnya, menderita HIV, penyakit hati yang kronis, dan berisiko tertular penyakit menular seksual.

Dilansir dari situs Centers for Disease Control and Prevention, ibu hamil yang punya riwayat penyakit hepatitis B berisiko tinggi menularkan penyakit ini kepada bayinya. Namun, sebelum memutuskan untuk melakukan vaksin, disarankan untuk terlebih dahulu berkonsultasi pada dokter, apakah Bunda memang harus divaksin atau tidak.

Kemudian, untuk hepatitis A, ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit hati kronis, dokter biasanya akan menyarankan untuk diberikan vaksin hepatitis A.

Jenis vaksin yang tidak disarankan untuk ibu hamil

imunisasi ibu hamil

Menurut dr. Aditya, pada kenyataanya ada vaksin yang tidak boleh diberikan kepada ibu hamil, misalnya vaksin human papilloma virus (HPV). Vaksin ini untuk mencegah infeksi virus HPV yang berisiko menyebabkan kanker serviks.

Meskipun vaksin HPV tidak boleh diberikan pada ibu hamil, tapi vaksin ini bisa diberikan setelah Bunda melahirkan atau pada saat menyusui.

Lalu, jenis vaksin lain yang tidak disarankan untuk diberikan pada ibu hamil yaitu Mumps-Measles-Rubella (MMR), varicella (cacat air), dan vaksin influenza aktif, karena mengandung kuman hidup.

Biaya imunisasi ibu hamil

imunisasi ibu hamil

Sebelum melakukan imunisasi, ada baiknya jika Bunda terlebih dahulu mengetahui kisaran harga setiap vaksin. Dengan begitu, Bunda bisa menyiapkan berapa budget yang akan dikeluarkan untuk melakukan imunisasi.

Berikut inilah daftar harga imunisasi bagi ibu hamil. Namun, patut diingat jika ini adalah harga perkiraan dan bisa berubah menyesuaikan keadaan dan tempat.

1. Vaksin tetanus toksoid – difteri toksoid – pertussis aseluler (Tdap)

Untuk vaksin ini diperkirakan harganya mulai dari Rp 141.000 sampai Rp 440.000. Harga tersebut menyesuaikan dengan merek vaksin yang dipilih, harga umum, harga rekomendasi, dan harga mitra.

2. Vaksin Pneumokokus

Vaksin yang dapat melindungi dari pneumonia ini diperkirakan harganya mulai dari Rp 580.000 sampai Rp 870.000. Harga menyesuaikan dengan jenis dan merek vaksin yang Bunda pilih, serta terdapat harga umum, harga rekomendasi, dan harga mitra.

3. Vaksin Meningokokus

Untuk vaksin meningokokus, diperkirakan harganya mulai dari Rp 330.000 sampai Rp 620.000. Harga yang ada berdasarkan jenis vaksin, merek, harga umum, harga rekomendasi, dan harga mitra.

5 Jenis imunisasi bagi ibu hamil beserta kisaran harganya, wajib tahu!

4. Hepatitis A

Harga vaksin hepatitis A untuk dewasa memiliki harga sekitar Rp 340.000 sampai Rp 520.000. Sama seperti vaksin lainnya, harga tersebut berdasarkan jenis, merek, harga umum, harga rekomendasi, dan harga mitra.

5. Hepatitis B

Lalu, ada juga vaksin hepatitis B yang harganya mulai dari Rp 395.000 sampai Rp 450.000. Masih sama seperti vaksin yang lain, harga ini menyesuaikan merek vaksin, harga umum, harga rekomendasi, dan harga mitra.

Terkait harga, bisa jadi di setiap tempat dan daerah memiliki perbedaan. Oleh karena itu, disarankan untuk tanya lebih lanjut ke pelayanan kesehatan yang tersedia di dekat tempat tinggal Bunda.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Referensi : Alodokter, klinikraisha.com

Baca juga :

Penting! 5 Vaksin saat hamil untuk perlindungan ekstra bagi Bumil dan janin

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Semua opini & pendapat dalam artikel ini merupakan pandangan pribadi milik penulis, dan sama sekali tidak mewakilkan theAsianparent atau klien tertentu.
app info
get app banner