Jangan berlebihan! 7 Makanan ini bisa bikin sembelit

Jangan berlebihan! 7 Makanan ini bisa bikin sembelit

Ada beberapa makanan penyebab sembelit yang jarang diketahui. Apa saja?

Sudah berhari-hari merasa susah susah buang air besar (BAB)? Jika, ya, coba perhatikan menu makanan yang dikonsimsi. Jangan-jangan, selama ini justru lebih banyak memilih makanan penyebab sembelit.

Sembelit atau susah buang air besar (BAB) sebenarnya bisa disebabkan oleh beragam faktor. Namun,  pilihan makanan yang buruk menjadi salah satu biang keladinya. Tanpa disadari, ada beberapa jenis makanan jika dikomsumsi secara berlebihan justru bisa berisiko bikin sembelit.

Sebelum mengulas apa saja makanan yang bisa menyebabkan sembelit,  penting untuk lebih dulu memahami kalau konstipasi atau sembelit bisa diartikan dengan sulit buang air besar bahkan BAB hanya kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Faktanya, sebanyak 27% orang dewasa mengalaminya dan gejala yang menyertainya yaitu, perut kembung dan gas berlebih. Semakin jarang beraktivitas secara fisik, semakin besar kemungkinan seseorang mengalami sembelit.

Berikut ini 7 makanan dan minuman yang bisa menyebabkan sembelit.

7 Jenis makanan penyebab sembelit

1. Makanan yang mengandung gluten

makanan mengandung gluten penyebab sembelit,

Gluten adalah protein yang ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum, gandum hitam, kamut, dan triticale. Beberapa orang mungkin mengalami sembelit ketika mereka mengonsumsi makanan yang mengandung gluten.

Pada beberapa orang, ada juga yang tidak toleran terhadap gluten atau yang lebih dikenal dengan sebagai intoleransi gluten atau penyakit celiac.

Jika seseorang dengan penyakit celiac mengonsumsi gluten, sistem kekebalan tubuhnya menyerang usus mereka, bahkan bisa berisiko untuk merusaknya. Karena itu, seseorang dengan penyakit ini harus melakukan diet bebas gluten.

Jika menduga gluten menyebabkan konstipasi, pastikan untuk berbicara dengan dokter untuk memastikan adanya penyakit celiac.

2. Alkohol

makanan penyebab sembelit

Alkohol sering disebutkan sebagai kemungkinan penyebab sembelit. Hal ini dikarenakan, jika seseorang minum alkohol dalam jumlah besar dapat meningkatkan jumlah cairan yang hilang melalui urin, sehingga menyebabkan dehidrasi.

Hidrasi yang buruk, baik karena tidak minum air yang cukup atau kehilangan terlalu banyak air melalui urin, sering dikaitkan dengan peningkatan risiko sembelit.

Sayangnya, tidak ada penelitian yang dapat ditemukan pada hubungan langsung antara konsumsi alkohol dan sembelit. Selain itu, beberapa orang melaporkan mengalami diare, bukan sembelit, setelah minum malam hari.

3. Biji-bijian olahan

biji-bijian olahan

Biji-bijian olahan dan produk-produknya, seperti roti putih, nasi, dan pasta putih, lebih rendah seratnya dan mungkin lebih mungkin menyebabkan sembelit daripada biji-bijian utuh.

Itu karena bagian dedak dan kuman gandum dihilangkan selama pemrosesan. Secara khusus, dedak mengandung serat, nutrisi yang menambah jumlah besar pada tinja dan membantunya bergerak.

Banyak penelitian telah mengaitkan asupan serat yang lebih tinggi dengan risiko sembelit yang lebih rendah. Faktanya, sebuah penelitian baru-baru ini melaporkan kemungkinan sembelit 1,8% lebih rendah untuk setiap gram tambahan serat yang dikonsumsi per hari.

Oleh karena itu, orang yang mengalami sembelit sebaiknya mengurangi asupan biji-bijian olahan dan menggantinya dengan biji-bijian utuh.

4. Susu dan produk susu

produk susu salah satu makanan penyebab jerawat

Susu tampaknya menjadi penyebab sembelit yang umum, setidaknya bagi sebagian orang. Bayi, balita, dan anak-anak lebih berisiko, kemungkinan karena sensitivitasnya terhadap protein yang ditemukan dalam susu sapi.

Tinjauan studi yang dilakukan selama 26 tahun menemukan bahwa beberapa anak dengan kondisi sembelit kronis mengalami peningkatan ketika mereka berhenti mengonsumsi susu sapi.

Dalam sebuah studi baru-baru ini, anak-anak berusia 1-12 dengan konstipasi kronis minum susu sapi untuk jangka waktu tertentu. Susu sapi kemudian diganti dengan susu kedelai.

5. Daging merah

daging merah memicu insomnia

Daging merah dapat memperburuk sembelit karena tiga alasan utama. Pertama, ia mengandung sedikit serat, yang menambahkan kotoran pada tinja dan membantu mereka bergerak.

Kedua, daging merah secara tidak langsung mengurangi asupan serat harian seseorang, dengan menggantikan opsi serat yang lebih tinggi dalam makanan.

Misalnya, saat mengonsumsi sebagian besar daging, dan mengurangi jumlah sayuran kaya serat, polong-polongan, dan biji-bijian utuh.

Pola makan seperti inilah yang membuat asupan serat harian lebih rendah, sehingga berpotensi meningkatkan risiko sembelit.

Selain itu, daging merah mengandung jumlah lemak yang lebih tinggi, dan makanan berlemak tinggi membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk dicerna. Dalam beberapa kasus, ini dapat meningkatkan kemungkinan sembelit.

6. Gorengan atau makanan cepat saji

gorengan untuk ibu hamil

Makan porsi besar atau sering gorengan atau makanan cepat juga dapat meningkatkan risiko sembelit.

Penyebabnya karena makanan ini cenderung tinggi lemak dan rendah serat, dua kombinasi yang dapat memperlambat pencernaan dengan cara yang sama seperti daging merah.

Makanan ringan cepat saji seperti keripik, kue, coklat, dan es krim juga bisa Anda ganti dengan makanan kaya serat, seperti buah-buahan dan sayuran dalam diet seseorang.

7. Kesemek, salah satu makanan penyebab sembelit,

Jangan berlebihan! 7 Makanan ini bisa bikin sembelit

Kesemek merupakan buah yang populer dari Asia Timur yang bisa menyebabkan konstipasi bagi sebagian orang. Ada beberapa varietas, tetapi sebagian besar dapat dikategorikan sebagai manis atau astringen.

Secara khusus, kesemek astringen mengandung sejumlah besar tanin, senyawa yang diperkirakan mengurangi sekresi dan kontraksi usus, memperlambat pergerakan usus.

Karena alasan ini, orang yang mengalami sembelit harus menghindari terlalu banyak mengonsumsi kesemek, terutama varietas astringen.

Sebenarnya, makanan yang disebutkan di atas aman dikonsumsi, asalkan dalam jumlah yang sewajarnya ya, Bun. Bila makan dalam jumlah banyak dan sering, bukan tidak mungkin makanan tersebut menyebabkan sembelit.

Semoga informasi ini bermanfaat!

***

Referensi: healthline

Baca juga

7 Makanan penyebab jerawat, apakah termasuk makanan favorit Bunda?

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

app info
get app banner