Jangan Salah, 7 Makanan Tinggi Lemak Ini Justru Baik untuk Kesehatan

Jangan Salah, 7 Makanan Tinggi Lemak Ini Justru Baik untuk Kesehatan

Berikut ini 7 makanan sumber lemak yang baik untuk Anda.

Kata siapa lemak selalu jahat? Banyak kok makanan tinggi lemak baik yang ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa segala makanan berlemak adalah musuh yang wajib dijauhi. Faktanya, tidak selalu begitu. Kandungan lemak dalam makanan ada yang sifatnya buruk bagi kesehatan, tapi tak sedikit yang justru memberikan manfaat baik.

Baik atau buruknya dampak lemak dari makanan tergantung dari jenis lemak itu sendiri.

Disebut lemak jahat manakala suatu makanan mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Kedua jenis lemak ini sifatnya berbahaya, terutama jika dikonsumsi berlebihan. Makanan tinggi lemak jahat akan membuat tubuh memproduksi kolesterol lebih banyak sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Sementara itu, makanan yang digolongkan sebagai lemak baik adalah yang mengandung lemak tak jenuh. Ada dua jenis lemak tak jenuh yang sangat baik, yaitu omega 3 dan omega 6. Keduanya merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus diperoleh dari makanan.

Berikut ini 7 makanan tinggi lemak baik yang berguna bagi tubuh.

7 Makanan Tinggi Lemak yang Enak dan Sehat

1. Alpukat

Alpukat berbeda dari kebanyakan buah. Jika umumnya buah-buahan kandungan utamanya adalah karbohidrat atau gula buah, kandungan utama alpukat adalah lemak. Maka tidak heran dari segi rasa, alpukat tidaklah manis melainkan gurih dan legit.

Sebanyak 70% dari kandungan kalori alpukat berasal dari  lemak. Dalam 1 cup (150 gr) buah alpukat terdapat sekitar 2453 mg asam lemak omega 6.

makanan tinggi lemak baik

Alpukat juga merupakan sumber serat yang sangat bagus. Penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi buah ini dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. 

Meskipun alpukat tinggi lemak dan kalori, satu penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan alpukat cenderung memiliki berat badan lebih terkontrol dan memiliki lemak perut lebih sedikit daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

2. Telur

Telur memang tinggi kandungan lemak. Satu telur utuh mengandung 212 mg kolesterol, 71% dari asupan harian yang direkomendasikan. Ditambah lagi, 62% kalori dalam telur utuh berasal dari lemak.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kolesterol dalam telur tidak memengaruhi kenaikan kolesterol dalam darah.

Telur utuh sebenarnya kaya dengan berbagai vitamin dan mineral. Makanan satu ini hampir memiliki setiap zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

makanan tinggi lemak baik

Telur bahkan mengandung antioksidan kuat yang melindungi mata dan merupakan sumber kolin. Zat gizi kolin sendiri memainkan peranan penting dalam tubuh, terutama menjaga kesehatan otak.

Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, telur adalah teman diet yang tepat. Kandungan protein dan lemaknya akan mencegah agar Anda tidak cepat lapar.

Artikel terkait: 8 Cara membakar lemak saat tidur, Parents wajib tahu!

3. Ikan

Ikan kaya dengan asam lemak omega 3 yang berfungsi menyehatkan jantung, protein berkualitas tinggi, vitamin D, vitamin A, kalsium, magnesium, selenium, dan berbagai zat gizi penting lainnya.

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan ikan cenderung jauh lebih sehat, memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung, depresi, dan kepikunan.

makanan tinggi lemak baik

Namun, Parents jangan terpaku hanya pada satu jenis ikan yang dikenal luas karena manfaatnya seperti salmon. Ikan jenis lokal pun mengandung banyak zat gizi baik, misalnya ikan bandeng, tongkol, pari, kakap, teri, dan tuna.

4. Kacang-kacangan, makanan tinggi lemak cocok untuk camilan diet

Kebaikan kacang-kacangan sudah tak diragukan lagi. Kandungan lemak baik berupa vitamin E serta serat membuat konsumsi kacang sangat dianjurkan. Kacang juga merupakan sumber protein nabati yang sehat. 

makanan tinggi lemak baik

Kacang-kacangan mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Banyak pilihan kacang-kacangan yang sehat untuk dikonsumsi, seperti kacang tanah, kacang mete, kenari, pistachio, dan sebagainya.

Artikel terkait: Catat! Ini sumber lemak sehat yang perlu dikonsumsi ibu hamil

5. Yoghurt

Karena terbuat dari proses fermentasi susu, yoghurt memiliki nyaris semua nutrisi penting yang sama dengan produk susu. Kelebihan yoghurt ialah kandungan bakterinya.

Studi menunjukkan bahwa yogurt dapat menunjang kesehatan saluran cerna dan bahkan dapat membantu melawan penyakit jantung dan obesitas.

makanan tinggi lemak baik

Sayangnya, banyak produk yang dijual di toko menambahkan gula yang banyak. Untuk mendapatkan manfaat yoghurt, selalu perhatikan label saat membeli. Pastikan untuk memilih yogurt asli yang kaya lemak baik dan rendah gula.

6. Dark chocolate

Selain lezat, cokelat hitam atau dark chocolate juga merupakan salah satu makanan sumber lemak baik. Meskipun kandungan lemaknya tinggi, namun dark chocolate tetap dianjurkan untuk dikonsumsi.

Selain lemak baik, dark chocolate kaya berbagai mineral dan antioksidan. Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan fungsi otak.

Jangan Salah, 7 Makanan Tinggi Lemak Ini Justru Baik untuk Kesehatan

Pastikan untuk memilih cokelat hitam berkualitas, setidaknya mengandung 70% kakao. Hindari produk cokelat yang tinggi gula.

7. Minyak zaitun

Khasiat minyak zaitun sudah dikenal sejak zaman dahulu. Minyak zaitun terutama yang extra virgin mengandung vitamin E dan K, serta antioksidan kuat.

Dalam diet Mediterania, minyak zaitun atau olive oil merupakan komponen penting dalam pola makan sehari-hari.

Jangan Salah, 7 Makanan Tinggi Lemak Ini Justru Baik untuk Kesehatan

Beberapa antioksidan dalam minyak zaitun dapat melawan peradangan dan membantu melindungi partikel LDL dalam darah agar tidak teroksidasi. Salah satu manfaat utamanya adalah mencegah risiko penyakit jantung.

Nah, itulah 7 makanan tinggi lemak baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Favorit Parents yang mana?

Baca juga:

Jangan asal, begini panduan beri lemak tambahan MPASI menurut dokter anak

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

app info
get app banner