4 Manfaat Mandi Sebelum Tidur Malam Bagi Bayi dan Anak-anak

4 Manfaat Mandi Sebelum Tidur Malam Bagi Bayi dan Anak-anak

Masih percaya mitos bahaya mandi malam, Parents? Padahal mandi sebelum tidur banyak manfaatnya untuk bayi dan anak-anak loh.

Di Indonesia, para orangtua mungkin belum terbiasa memandikan bayi di malam hari. Terutama karena ada mitos turun temurun yang mengatakan bahwa mandi malam dapat mengakibatkan rematik atau paru-paru basah.

Padahal, mandi sebelum tidur di malam hari memberikan banyak manfaat untuk bayi dan anak-anak. Diantaranya:

1. Efek rileks dan menenangkan

Di luar negeri, salah satu bagian yang paling populer dari banyak ritual sebelum tidur adalah mandi. Berendam dalam air hangat dipercaya dapat membuat tubuh lebih rileks dan lebih siap untuk beristirahat.

2. Menciptakan rutinitas

Membiasakan anak untuk mandi sebelum tidur merupakan cara menciptakan rutinitas yang baik. Anak akan terbiasa dan cenderung merasa nyaman jika tahu apa yang akan dia lakukan selanjutnya, yaitu tidur setelah mandi.

3. Quality time bersama ibu atau ayah

Memandikan anak adalah momen intim antara anak dan orangtuanya. Para ahli mengatakan ritual mandi sebelum tidur juga merupakan bagian penting bagi perkembangan bayi.

4. Tidur lebih nyenyak

Bayi dan anak-anak yang terbiasa dengan ritual mandi air hangat sebelum tidur dapat tidur lebih nyenyak dan lebih panjang. Hal ini disebabkan tubuh sudah rileks dan siap untuk beristirahat sebelum mereka tidur.

Empat manfaat di atas juga berlaku untuk orang dewasa. Jadi jangan takut untuk mandi atau memandikan anak di malam hari ya, Parents.

 

Referensi: Baby Center, US Wellness, Parents.

Baca juga:

Kapan Anak Harus Mulai Mandi Sendiri?

Anak Susah Mandi? Coba Atasi dengan 7 Trik Berikut Ini

 

 

Banyak orang tua yang melarang anaknya untuk mandi pada malam hari karena dikhawatirkan menimbulkan penyakit yang tidak diinginkan. Seperti masuk angin atau mungkin tulang belakang yang mudah retak di masa tua nanti. Namun ternyata pernyataan mandi sebelum tidur yang menyebabkan sakit tidaklah sepenuhnya benar. Ada beberapa manfaat yang akan dirasakan anak jika rutin melakukan mandi sebelum terlelap. Mari simak ulasan selengkapnya.

Manfaat Mandi Air Hangat di Malam Hari

1 Efek Rileks dan Menenangkan

Di luar negeri, salah satu bagian yang paling popular dari banyak ritual sebelum tidur adalah mandi. Berendam dengan air hangat, dipercaya akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan lebih siap untuk beristirahat. Anak yang melakukan mandi sesaat sebelum tidur akan jauh lebih tenang dan lebih cepat terlelap dibandingkan tidak melakukan ritual mandi. Selain itu tubuh yang hangat juga akan membuat anak merasa tenang dan badan lebih segar di esok hari.

tau Mandi Sebelum Tidur Malam Bagi anak

2. Menciptakan Rutinitas

Membiasakan anak untuk mandi sesaat sebelum tidur juga merupakan salah satu cara untuk menciptakan rutinitas yang baik. Anak yang terbiasa melakukan ritual mandi air hangat sebelum tidur akan merasa lebih lebih nyaman jika mengetahui jika ia harus mandi air hangat. Hal ini membuat anak terbiasa dan melakukan hal hal yang serupa setiap harinya.

3. Quality Time Bersama Ibu dan Ayah

Memandikan anak adalah salah satu cara untuk bisa membuat ikatan yang baik terjalin antara ibu dan anak. Momen memandikan anak ini juga merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Para ahli mengatakan jika ritual mandi sebelum tidur juga merupakan bagian penting bagi perkembangan bayi.

benar Mandi Sebelum Tidur Malam Bagi Bayi Mandi Air Dingin Bikin Anak Kuat

Kedekatan ibu, ayah dan anak merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anak akan mengingat jika ia pernah dimandikan oleh kedua orang tuanya saat masih kecil. Hal ini juga akan membuat anak memiliki kebiasaan yang baik di masa depan. Anak akan mengingat dan melakukan kebiasaan yang telah dilakukannya bersama dengan orang tuanya.

4. Tidur Lebih Nyenyak

Dengan selalu melakukan ritual mandi air hangat sebelum tidur, anak akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Anak juga akan tidur lebih nyenyak dibandingkan tidak mandi menggunakan air hangat sebelum tidur. Hal ini disebabkan karena suhu tubuh yang sudah rileks dan siap untuk beristirahat sebelum mereka memejamkan mata.

mau Mandi Sebelum Tidur Malam Bagi Bayi

Itulah tadi beberapa manfaat mandi air hangat sebelum tidur yang bisa anak dan bayi rasakan. Dengan memiliki kualitas tidur yang baik dan cukup, anak akan lebih besemangat untuk menajalani hari harinya. Mereka juga akan menjadi lebih aktif karena telah memiliki waktu istirahat yang cukup. Anda bisa membiasakan untuk membiarkan anak mandi air hangat sebelum beranjak tidur, karena hal itu sangat bagus untuk menunjang kualitas tidurnya.

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

app info
get app banner