Segudang Manfaat di Balik Menjaga Minat Menulis pada Anak, Parents Perlu Tahu

Segudang Manfaat di Balik Menjaga Minat Menulis pada Anak, Parents Perlu Tahu

Menulis dengan tangan ternyata memiliki segudang manfaat bagi perkembangna buah hati. Simak di sini mengapa menjaga minat menulis pada anak sangatlah penting.

Minat menulis anak adalah salah satu hal baik yang perlu dijaga karena bisa memberikan dampak baik, seperti mengasah kemampuan otak anak. 

Karena menulis begitu memiliki peran yang penting dalam tumbuh kembang anak, kali ini Sidu mengadakan webinar bertemakan “Pentingnya Menjaga Minat Menulis Anak” yang diadakan melalui aplikasi Zoom pada tanggal 3 Desember 2020 pukul jam 15. 00 WIB, dengan narasumber yang beragam dan menarik, yakni Santo Yuwana, Head of Domestic Business Unit Cultural APP Sinar Mas dan Marcelina Melisa, M.Psi, Psikolog

Yuk, simak di sini informasinya, Parents

Tantangan Belajar Online di Era Pandemi

minat menulis

Belajar jarak jauh sangat tergantung dengan adanya teknologi. Hal ini tentu turut memengaruhi anak untuk memanfaatkan teknologi demi kemudahan belajarnya. Akan tetapi, dibalik kemudahan teknologi, ternyata menulis dengan tangan di buku tulis secara konvensional memiliki manfaat yang yang tidak dapat Parents duga sebelumnya.

Menulis dengan tangan adalah cara konvensional yang terbukti mampu mengasah berbagai kemampuan anak dalam bidang motorik, karakter, dan masa depannya.

Manfaat Menulis dengan Tangan bagi Buah Hati

Segudang Manfaat di Balik Menjaga Minat Menulis pada Anak, Parents Perlu Tahu

Berikut ini adalah beberapa manfaat menulis dengan tangan bagi buah hati, terutama yang masih di kelas 1 sekolah.

1. Kesesuaian Pikiran dengan Apa yang Ditulis

Bagi anak kecil, menulis sesuai dengan maksud dan tujuan yang ada di dalam pikiran adalah tantangan yang cukup rumit. Oleh karena itu, latihan menulis dengan tangan menjadi salah satu cara untuk bisa menyelaraskan antara keinginan yang ditulis dengan hasil yang ditulis.

2. Kesesuaian Bentuk Tulisan

Bentuk tulisan tentunya dipengaruhi oleh latihan gerak motorik dari tangan buah hati. Dengan sering melakukan kegiatan menulis dengan tangan, buah hati bisa menulis tulisan, angka, dan huruf sesuai dengan yang ia inginkan.

3. Kesesuaian Kecepatan Tulisan

sekolah dasar biasanya ada semacam latihan untuk menulis dengan waktu tertentu. Latihan seperti ini tentunya bisa membuat anak menulis dengan lebih cepat dan tepat.

4. Kemampuan Menuangkan Ide dalam Kata dan Paragraf

Untuk memiliki kemampuan ini, anak memerlukan penguasaan terhadap huruf kata dan bahasa. Selain itu, kesesuaian kalimat juga penting untuk diperhatikan dalam paragraf.

Manfaat Menulis secara Umum

Segudang Manfaat di Balik Menjaga Minat Menulis pada Anak, Parents Perlu Tahu

Menurut penelitian, manfaat menulis dengan tangan akan memengaruhi memori yang lebih kuat dibandingkan dengan menulis menggunakan mesin ketik ataupun komputer.

Begitu banyak manfaat dari menulis dengan tangan, berikut ini adalah beberapa manfaat lainnya selain yang sudah disebutkan di atas.

  • Menulis dengan tangan dapat mengasah sensori motorik pada tubuh manusia. 
  • Kemampuan mengenali bentuk huruf dengan lebih cepat. 
  • Mengasah indera manusia, seperti dengarkan suara dari kegiatan manusia itu sendiri. 
  • Lebih banyak melibatkan kegiatan dan fungsi otak saat menulis sehingga meningkatkan daya ingat. 

Bahaya Keterlibatan Anak yang Terlalu Sering Terpapar atau Berinteraksi dengan Gadget

Kemudahan teknologi tidak hanya membawa dampak positif bagi kehidupan, tetapi juga membawa beberapa dampak yang buruk. Meskipun kegiatan belajar jarak jauh sangat terbantukan dengan adanya teknologi, tapi ternyata ada beberapa hal yang perlu peran ketahui terkait efek negatif yang mungkin terjadi jika anak berinteraksi dengan gadget terlalu sering.

Berikut ini adalah beberapa dampak buruk yang mungkin bisa terjadi pada anak yang terlalu sering terpapar gadget.

1. Mengganggu Perkembangan Bahasa dan Komunikasi

Seperti yang Parents sudah ketahui otak anak akan berkembang sangat besar di 1000 hari kehidupan pertamanya. Di masa inilah anak-anak perlu mendapatkan pembatasan dari paparan gadget.

Ada beberapa aturan terkait rekomendasi penggunaan gadget sesuai umur. Misalnya saja anak dibawah 2 tahun tidak boleh terpapar gadget kecuali untuk telepon video.

Oleh karena itu, orangtua perlu membuat kesepakatan dengan anak terkait dengan aktivitas yang berkaitan dengan gadget. Dampak buruk jika anak terlalu sering berinteraksi dengan gadget adalah mengalami speech delay dan autisme.

Artikel terkait: Speech Delay pada Anak, Bagaimana Cara Mendeteksi dan Mencegahnya?

2. Menurunkan Daya Konsentrasi Anak

Daya konsentrasi anak-anak yang terlalu sering terpapar gadget memiliki rentang yang sangat terbatas. Hal ini tentu tidak baik bagi perkembangan belajarnya.

Anak-anak yang mengalami hal ini bisa mengalami gangguan dalam kegiatan belajarnya di sekolah nanti.

Artikel terkait: Bantu Si Kecil Fokus Belajar di Rumah dengan 5 Tips Mudah Berikut Ini

3. Mengalami Masalah Kecanduan Game

Berbagai jenis permainan yang ada di dalam teknologi tentunya bisa membuat masalah baru seperti kecanduan gaming atasan disebut dengan gaming addiction.

Hal ini sudah cukup sering terjadi, sehingga Parents dan anak mesti membuat semacam batasan durasi untuk bermain game di gadget.

Oleh karena itu, meskipun teknologi memudahkan anak dalam kegiatan belajar, menulis dengan tangan di buku tulis menjadi sebuah rutinitas yang seharusnya tidak dilupakan.

Artikel terkait: 13 Aplikasi Game Edukasi Anak Terbaik di Gadget Android dan IOS

Perbedaan Menulis dengan Tangan Dibandingkan dengan Gadget atau Keyboard di Komputer

Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari menulis dengan tangan dibandingkan dengan di keyboard atau gadget.

  1. Menulis dengan tangan memerlukan kekuatan genggaman sehingga melatih kekuatan otot tangan.
  2. Menulis dengan tangan memerlukan koordinasi antara berbagai indera, termasuk visual, motorik, dan yang lainnya. 
  3. Menggunakan gadget sebagai media menulis memiliki dampak radiasi pada mata anak.
  4. Belajar dan menulis menggunakan gadget memerlukan pengawasan dari orangtua.

Cara Memperkenalkan Kegiatan Menulis dengan Cara yang Menyenangkan bagi Anak

minat menulis

Meskipun terkesan membosankan, ada, lho, Parents cara-cara sederhana yang bisa digunakan di rumah agar anak tertarik untuk menulis dengan tangan. Berikut ini adalah tipsnya:

  1. Anggap menulis adalah sesuatu yang biasa saja, bukan beban.
  2. Menulis dikolaborasikan dengan hobi dan minat anak. Misalnya anak suka baking dan masak, ajak anak bikin agenda dan resep masak di sebuah buku.
  3. Menulis dengan kegiatan fun activity, misalnya menggunakan papan tulis dengan spidol berwarna-warni atau dengan membelikan anak worksheet menulis yang lucu.
  4. Menulis dengan kreativitas menggunakan alat tulis yang warna-warni dan menyenangkan.
  5. Jangan bandingkan  anak dengan yang lainnya
  6. Ajak anak menulis dengan teman-temannya.

Demikianlah informasi seputar dampak baik menulis dengan tangan dibandingkan dengan menulis di gadget. Karena manfaat menulis dengan tangan yang begiut besar, Parents perlu menjaga minat menulis anak dengan cara yang menyenangkan.

Baca juga:

Usia Terbaik Memberikan Gadget Pada Anak Menurut Bill Gates

Doa agar Disayang Mertua Disertai 7 Tips untuk jadi Menantu Kesayangan!

9 Toko Mainan di Jakarta yang Lengkap dan Murah, Catat ya Parents!

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

app info
get app banner