Penelitian: Mood Ayah Pengaruhi Kesehatan Mental dan Perkembangan Anak

Penelitian: Mood Ayah Pengaruhi Kesehatan Mental dan Perkembangan Anak

Tahukah Parents?, bukan hanya Bunda yang harus pintar-pintar menjaga suasana hati di depan anak-anak. Mood ayah pun ternyata sangat berpengaruh dalam perkembangan anak.

Para Ayah mungkin sering mengingatkan Bunda untuk selalu menjaga suasana hati di depan anak. Tapi tahukah Parents?, bahwa mood ayah ternyata juga berperan penting.

Penelitian terbaru dari Michigan State University, menunjukkan kaitan yang kuat antara tingkat stres dan suasana hati ayah dengan perkembangan anak, baik mental maupun perilaku.

Para peneliti menemukan bahwa kondisi stress dan depresi yang signifikan pada ayah, berdampak buruk pada perkembangan bahasa anak balita.

Secara khusus, mood ayah yang jelek secara terus-menerus dapat berdampak buruk pada kemampuan bahasa anak usia 3 tahun. Terutama untuk anak laki-laki.

Kesehatan mental ayah dan ibu secara umum memiliki efek signifikan yang sama terhadap perilaku anak. Namun, mood ayah selama anak masa balita menunjukkan pengaruh yang lebih besar dalam kemampuan bersosialisasi mereka di kemudian hari dibanding mood ibu.

Mood ayah dinilai lebih berpengaruh dari mood ibu?

Selain itu, menurut Psychology Todaymeskipun ibu tetap memberikan pengaruh positif pada anak, mood ayah tetap lebih penting. Anak yang ayahnya sering stress, cenderung mendapatkan skor yang lebih rendah dalam tes kognisi.

Penelitian ini menjelaskan, ayah yang mengalami stress kemungkinan besar tidak fokus pada apa yang terjadi dengan anak-anak mereka, sehingga mengakibatkan keterlambatan kognisi (pemahaman terhadap pengetahuan) dan masalah perilaku.

Hikmahnya dari penelitian ini untuk para ayah adalah, “Ayah memilki peran penting untuk anak-anak, jadi para ayah harus bisa menjaga diri mereka sendiri,” kata Tamesha Harewood, Ph.D., ketua peneliti dalam penelitian ini.

“Saat ada masalah, jangan pernah merasa ‘kurang jantan’ jika membutuhkan bantuan,” tambahnya.

 

Baca juga:

7 Tips Mempererat Hubungan Ayah dan Anak Balita

7 Alasan Mengapa Ayah Harus Dekat Dengan Anak

 

 

Memiliki mood yang berubah ubah tentu menjadi kendala bagi beberapa orang yang ada disekitarnya. Biasanya perubahan mood ini sering terjadi pada perempuan dibandingkan laki laki pada umumnya. Namun tak jarang pula jika ayah juga mengalami perubahan mood yang jutru berdampak pada kesehatan mental dan perkembangan ayah. Mari simak ulasan selengkapnya mood ayah yang dapat mempengaruhi mental dan perkembangan anak ini.

Perubahan Suasana Hati Akan Berdampak Pada Anak

Menurut sebuah penelitian dari Michigan state University menunjukkan kaitan yang kuat antara tingkat stress dan suasana hati ayah. Tingkat stress yang dimiliki oleh anak ini ternyata sangat berpengaruh untuk perkembangan mental maupun perilaku anak. Para peneliti menemukan bahwa kondisi stress dan depresi yang signifikan pada ayah, akan berdampak buruk pada perkembangan bahasa anak balita.

ini mood ayah cara jitu mendekatkan ayah dengan sang bayi

Secara khusus perubahan suasana hati ayah yang jelek secara terus menerus akan berdampak buruk pada kemampuan bahasa anak yang masih berusia tiga tahun. Terutama untuk anak laki laki yang tentu akan lebih cepat terpengaruhi oleh perubahan sikap yang dimiliki oleh sang ayah. Kesehatan mental ayah dan ibu secara umum memiliki efek signifikan yang sama terhadap perilaku anak.

Namun dibandingkan perubahan mood yang dimiliki oleh ibu, mood yang dimiliki oleh ayah akan sangat berpengaruh lebih besar dalam kemampuan bersosialisasi anak di kemudian hari. Hal ini karena anak akan menganggap ayah merupakan sosok panutan dalam bersikap dan mengambil sebuah keputusan.

mau tau Mood Ayah Memengaruhi Perkembangan Anak

Perubahan Hati Ayah Jauh Lebih Berpengaruh Dibandingkan Ibu

Meskipun terkadang wanita yang memiliki perubahan mood yang berganti ganti. Namun perubahan mood yang dimiliki oleh ibu tidak akan mempengaruhi perkembangan anak. Menurut Psychology Today, meskipun ibu memberikan pengaruh positif pada anak, namun mood ayah merupakan hal yang lebih penting.

Ayah yang sering stress, cenderung akan mendapatkan skor yang lebih rendah dalam tes koginisi. Penelitian ini kemudian menjelaskan jika ayah yang mengalami stress kemungkinan besar tidak fokus pada apa yang terjadi dengan anak anak mereka. Sehingga mengakibatkan keterlambatan kognisi atau pemahaman terhadap pengetahuan dan masalah periaku.

ini dia mood ayah Pahami Mood Swing Ibu Selama Kehamilan

Dari penelitian yang telah dilakukan tersebut dapat ditarik kesimpulan jika ayah sangat memiliki peran yang penting untuk anak anak. Sehingga seorang ayah harus bisa menjaga perasaan dan dirinya sendiri. Menurut Tamesha Marewood, Ph.D sebagai ketua peneliti dalam penelitian mengingatkan kepada seluruh ayah untuk tidak merasa kurang jantan saat membutuhkan bantuan.

Setelah membaca pengetahuan tentang perubahan mood yang sangat berpengaruh, ayah dan bunda harus bisa mempertahankan mood di depan anak. Jangan sampai rasa stress karena urusan lain di luar rumah menjadi pemicu utama Anda tidak mood dengan anak. Hal ini karena sangat berpengaruh untuk perkembangan anak dan kesehatan mental di kemudian hari. Selalu upayakan untuk menampilkan mood yang ceria agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

app info
get app banner