Pantau Perkembangan Akademis Anak Jadi Lebih Mudah, Ini Cara Cerdas yang Bisa Dilakukan Orangtua

Pantau Perkembangan Akademis Anak Jadi Lebih Mudah, Ini Cara Cerdas yang Bisa Dilakukan Orangtua

Tetap update dengan pendidikan anak di sekolah, cara mudah ini bisa Parents coba!

Parents tentu setuju bahwa pendidikan anak dalam keluarga adalah parameter penting untuk kesuksesan anak kelak. Kendati saat ini semua lini kehidupan harus berpindah dalam rumah untuk sementara waktu, bukan berarti orangtua melepaskan tanggung jawab sebagai pendidik utama buah hati. Menjadi orangtua modern dan cerdas bisa dilakukan, salah satunya melalui teknologi.

Belajar menyenangkan dari rumah

Jika selama ini sekolah dianggap sebagai spot utama bagi anak mengembangkan kemampuan akademis, saatnya Anda menjadikan rumah sebagai sekolah kedua. Jangan sampai kegiatan belajar tidak berlangsung dengan baik sehingga urusan pendidikan terbengkalai. Berikut cara yang bisa dilakukan.

1. Ciptakan suasana rumah semenyenangkan mungkin

Kala belajar, anak tentu membutuhkan spot yang nyaman dan tenang, di mana ia bisa fokus berkonsentrasi layaknya di sekolah. Pilihlah sudut ruangan di rumah yang sekiranya mendukung untuknya belajar, dan tata sudut itu senyaman mungkin.

Taruh meja belajar serta tembok styrofoam khusus untuk anak menempelkan apapun yang berkaitan dengan pelajaran di sekolah. Anda bisa melibatkan anak memilih perabot belajar sesuai warna atau karakter kesukaannya agar anak lebih bersemangat. Alangkah baiknya ruangan ini juga jauh dari ruang televisi, supaya belajar berlangsung optimal.

Sebagai selingan buatkan camilan kesukaan anak yang mengingatkannya akan nuansa sekolah sebut saja bakso tahu, es krim rumahan, atau kudapan lain yang tentunya lebih menyehatkan.

2. Tentukan jadwal

Tak bisa dipungkiri, aktivitas yang dilakukan di rumah membuat kita mudah lupa waktu, berhubung kita melakukannya di satu tempat saja. Untuk itu, buatlah rutinitas jadwal harian perihal apa saja yang akan dilakukan anak di rumah.

Buatlah kegiatan belajar dan mengerjakan tugas sekolah sebagai prioritas utama, dengan tetap menyisipkan waktu istirahat yang durasinya dapat dikondisikan dengan kebutuhan anak misalnya 30 menit. Selama waktu istirahat ini, anak bebas melakukan hobinya, lalu kembali belajar setelah waktu istirahat ini usai.

3. Melakukan video conference dengan teman dan guru

Di rumah saja bukan berarti kesepian, Parents dapat memanfaatkan tekonologi agar Anda dan anak tetap terhubung dengan dunia luar. Diskusikan dengan orangtua murid lain satu waktu untuk belajar bersama melalui aplikasi seperti Zoom atau video call melalui whatsapp. Selain sharing pelajaran, siapa yang tahu Parents akan mendapat masukan dari orangtua lain mengenai cara yang mereka aplikasikan selama melakukan aktivitas dari rumah.

Tak kalah penting, jangan lupa berkomunikasi secara langsung dengan guru kelas anak untuk berdiskusi sejauh apa efektivitas belajar dari rumah selama masa pandemi ini. Tak perlu segan memberikan masukan bila ada metode belajar menyenangkan jarak jauh yang bisa diterapkan.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan agar belajar tetap menyenangkan kendati dilakukan di rumah. Supaya lebih optimal, Parents dapat memanfaatkan aplikasi Junio Smart persembahan Bank BRI.

Junio Smart merupakan aplikasi manajemen pengelolaan sekolah yang meliputi akademik, administrasi, dan informasi untuk menghubungkan interaksi antara sekolah, orang tua, dan siswa secara interaktif. Melalui aplikasi ini akan memudahkan guru dan orangtua dalam pembelajaran jarak jauh yang harus diterapkan untuk sementara waktu.

Dengan menggunakan Junio Smart, orangtua akan lebih mudah mendampingi kegiatan belajar anak di rumah dengan adanya fitur Silabus sehingga materi pelajaran di sekolah tetap dapat diserap anak dengan baik.

Di samping itu, Junio Smart juga dilengkapi fitur pemberian tugas dan ujian online. Dengan begitu anak tetap dapat mengerjakan tugas dan ujian dengan baik selama belajar dari rumah.

Aplikasi ini menjadi pintu gerbang orangtua dalam mengetahui informasi seputar kegiatan akademik maupun informasi tentang pengajar yang aktif di sekolah, pun orangtua akan lebih mudah memonitor kehadiran anak dan nilai yang diraih selama proses belajar. Dengan kata lain, peran aktif orangtua lebih banyak untuk mengetahui perkembangan pendidikan anak selama ini.

Mengingat datang ke sekolah masih belum memungkinkan, Junio Smart menyediakan fitur andalan lain yakni informasi pembayaran SPP dan aktivitas sekolah secara mendetail, yang mana Parents dapat membayar biaya yang diharuskan menggunakan BRI Virtual Account sehingga prosesnya lebih cepat dan praktis.

Menariknya lagi, aktivasi aplikasi Junio Smart gratis. Sekolah maupun orangtua tidak dikenakan biaya abonemen bulanan maupun biaya implementasi semua fitur yang tersedia. Banyaknya fitur yang menguntungkan pastinya akan menjadi sinergi menguntungkan antara pihak sekolah dan Parents, sehingga pihak sekolah dan Parents bisa mengunduh aplikasi ini melalui app store dan google play store.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi laman resmi di sini.

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

app info
get app banner