2 Resep salmon mentai kekinian yang wajib dicoba di rumah!

2 Resep salmon mentai kekinian yang wajib dicoba di rumah!

Viral di media sosial, mengapa tidak mencoba membuat salmon mentai sendiri di rumah?

Bagi Parents penggemar ikan salmon pasti menyadari belakangan ini menu salmon mentai sedang menjamur di dunia kuliner Indonesia. Tak hanya restoran Jepang terkemuka, Parents kini bisa mencoba membuat resep salmon mentai sendiri, hal ini sudah banyak dikreasikan para pelaku bisnis makanan online.

Bahkan, sudah banyak bermunculan resep salmon mentai di internet bagi yang penasaran ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Apa itu salmon mentai?

2 Resep salmon mentai kekinian yang wajib dicoba di rumah!

Berasal dari bahasa Jepang mentaiko yang berarti ikan kod, hidangan kaya rasa mayo ini pun tak pelak digemari banyak orang. Salmon banyak dipilih sebagai bahan utama karena mudah ditemui dan cocok dengan lidah orang Indonesia.

Tak hanya salmon, mentaiko juga dapat diolah menjadi beragam makanan misalnya isi onigiri, topping spaghetti, donburi, garnish sushi, dan yang paling terkenal adalah saus mentaiko alias saus mentai.

Awal terciptanya saus mentai terinspirasi dari gaya makanan Western di mana mentaiko dikombinasikan dengan mayones sehingga menghasilkan tekstur yang kental dan karakter rasa yang creamy.

Rasa saus mentai asli Jepang terasa lebih original karena minim bumbu dan hanya memanfaatkan mayones saja. Berbeda dengan di Indonesia, banyak pelaku usaha yang memodifikasi rasa dengan beragam bumbu sehingga rasanya lebih mudah diterima oleh lidah masyarakat Indonesia.

Awal mula tren salmon mentai

Resep salmon mentai menggugah selera

Mengapa bisa akhirnya menu ini menjadi tren ternyata dipelopori oleh kuliner online By Anind. Berawal dari coba-coba, eksperimen dari Fitria Anindita Putri dengan ikan salmon ini laris manis di pasaran.

Perempuan jebolan Universitas Pelita Harapan ini memang rajin menggunakan salmon sebagai resep utama masakannya. “Sisa salmon saya coba gabungkan dengan shirataki untuk sarapan. Suami bilang enak sehingga saya coba jual, ternyata laku,” tuturnya.

Anind yang berprofesi sebagai chef di Bali dan pengajar kuliner di Jakarta akhirnya memutuskan berhenti bekerja demi menekuni bisnisnya ini.

Menu salmon kani mentai kreasinya tak disangka viral di kalangan penikmat makanan. Kemungkinan karena belum ada brand lain yang menjual hidangan tersebut, pun topping saus mentai yang menggugah, membuat Anind sukses menjadi pelopor menu salmon mentai di Indonesia.

Artikel terkait: 3 Resep tiramisu dessert box yang lembut dan lumer di mulut!

Resep salmon mentai menggugah selera

Kabar gembira, kini Parents tak perlu bertandang ke resto mewah untuk mencoba hidangan lezat ini. Berikut theAsianparent rangkum resep salmon mentai yang dapat Anda buat sendiri untuk keluarga tercinta.

1. Simple salmon mentai rice

Resep salmon mentai menggugah selera

Bumbu untuk nasi:

  • 2 porsi kecil nasi putih
  • 2 sendok makan bubuk nori
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh minyak wijen

Bumbu untuk salmon:

  • 130 gram ikan salmon
  • 2 sendok makan kecap asin untuk baluran ikan

Bahan saus mentai:

  • 1 sdm saus tomat
  • 200 ml mayones Jepang
  • 1 sendok makan mentaiko (bisa diganti tobiko)
  • 1 sendok teh saus sambal
  • Bubuk cabai secukupnya

Cara membuat

  1. Saus mentai: Siapkan mangkuk, tuang seluruh bahan untuk saus ke dalamnya. Aduk hingga rata
  2. Selanjutnya, bumbui nasi dengan bubuk nori, kecap asin, dan minyak wijen. Aduk rata
  3. Pindahkan nasi ke dalam pinggan tahan panas atau bisa juga menggunakan kemasan aluminium foil. Ratakan nasi, sisihkan
  4. Pisahkan daging dan kulit ikan salmon, lalu potong daging salmon tipis-tipis sesuai selera
  5. Baluri salmon dengan kecap asin hingga rata, kemudian tata salmon ke dalam loyang. Panggang sebentar menggunakan blow torch hingga permukaannya berubah warna
  6. Susun ikan salmon di atas permukaan nasi, tuang saus mentai di atas salmon hingga rata dan menutupi seluruh permukaan
  7. Panggang permukaan saus mentai dengan blow torch hingga berubah warna menjadi kecokelatan. Tambahkan bubuk nori atau parsley di atasnya sebagai garnish. Sajikan hangat.

Artikel terkait: Resep kopi dalgona, kopi kekinian asal Korea Selatan yang patut dicoba!

2. Shirataki salmon mentai

Resep salmon mentai menggugah selera

Bahan

  • 2 bungkus shirataki, rebus selama 15 menit
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 1/2 sdm saus teriyaki
  • 3 lembar kecil nori panggang, digunting halus
  • 1 1/2 sdt garam
  • 2 sdt tobiko
  • 200 gr ikan salmon, iris tipis

Topping

  • 150 gr mayones
  • 2 sdm saus sambal
  • 3 sdt tobiko
  • 75 gr keju cepat leleh

Cara membuat

  1. Campur shirataki, saus teriyaki, garam, bubuk nori, dan tobiko. Aduk rata
  2. Taruh adonan di dalam pinggan tanan panas, tata salmon di atasnya
  3. Campur bahan untuk topping, lalu tuangkan di atas adonan
  4. Masak dengan oven bersuhu 180 derajat Celsius selama 20 menit sampai bagian atas sedikit berkerak

Resep salmon mentai menggugah selera

Tips tambahan:

  1. Jika Parents mengutamakan kepraktisan maka bisa menggunakan mayones pedas instan yang banyak dijual di pasaran. Cukup tambahkan bubuk cabai jika dirasa kurang pedas.
  2. Nori sheet juga bisa menjadi alternatif topping menu nikmat ini. Tinggal gunting atau hancurkan lembaran nori kering, lalu campurkan ke nasi.
  3. Bagi yang tidak memiliki blow torch bisa memanfaatkan oven dan memanggangnya sekitar 3-5 menit. Salmon bisa dipanggang di atas teflon tanpa mengubah rasa yang ada. Bunda juga bisa menambahkan jamur enoki, crab stick, atau sosis sia saji agar lebih mengenyangkan.

Nah bagaimana Parents, mudah kan? Selamat mencoba!

Sumber: Cookin Indonesia

Baca juga : 

Penggila durian harus coba! 4 resep ketan durian yang bikin ketagihan

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

app info
get app banner