5 Tips Silaturahmi Virtual ala Shahnaz Haque, Bisa Ditiru!

5 Tips Silaturahmi Virtual ala Shahnaz Haque, Bisa Ditiru!

Melakukan silaturahmi secara vitual di tengah pandemi Corona bisa dilakukan. Ini tips dari Gilang Ramadhan dan Shahnaz Haque.

Idul Fitri sudah di depan mata. Meskipun tahun ini harus dirayakan dengan cara berbeda, lantaran harus tetap menjalankan physical distancing, namun bukan berarti silaturahmi jadi terputus. Lakukan saja silaturahmi virtual. 

Menteri Agama Fachrul Razi telah mengimbau agar umat islam tetap bergembira dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Namun, Menteri Agama meminta agar semua masyarakat dapat memahami situasi Hari Raya yang berada di tengah pandemi virus Corona.

Selain menjalankan sholat ied di rumah, silaturahmi Idul Fitri tahun 2020 ini pun harus dilakukan dengan cara berbeda. Tak perlu datang ke rumah ke sanak keluarga, bahkan orang tua. Tak perlu melakukan tradisi sungkeman, cium pipi kanan dan kiri serta memberikan pelukan hangat secara langsung. Namun,  silaturahmi virtual tetap bisa dijalankan. 

Baca juga : 5 Pengeluaran Jelang Hari Raya Idul Fitri yang Sering Bikin ‘Kanker’

silaturahmi virtual

Perubahan ini memang mau tidak mau harus dilakukan untuk mencegah melonjaknya penyebaran Virus Corona. Kondisi ini pun sangat disadari pasangan selebritas Gilang Ramadhan dan Shahnaz Haque.

Dalam acara bincang santai yang digagas oleh R&R Public Relations bersama media, pasangan suami istri yang menikah pada 5 Mei 2001 silam ini mengakui kalau tahun ini hanya bisa melakukan silaturahmi online. 

Bahkan Shahnaz juga mengaku kalau kerap memanfaatkan waktu di rumah saja untuk menjalin silaturahmi secara online dengan keluarga besarnya. Termasuk saat berbuka puasa. 

“Saya justru sekarang ini juga malah merasa tambah dekat dengan keluarga dan teman-teman. Seperti dengan kakak saya, Aya. Kami sempat IGlive bareng. Jadi untuk mempersiapkanya jadi sibuk telepon untuk diskusi,” katanya. 

Shahnaz menambahkan, “Saya dan Gilang itu kan sudah sama-sama yatim piatu, jadi kalau Lebaran memang hanya silaturahim ke kakak atau adik. Dengan adanya pandemi ini, kami justru makin sering berkomunikasi secara online.”

5 Tips Silaturahmi Virtual ala Shahnaz Haque, Bisa Ditiru!

Artikel tetkait : Pemerintah keluarkan larangan mudik 2020, ini sanksinya jika melanggar!

Meskipun pada awalnya perlu beradaptasi dengan perubahan menjalankan Ramadan di tengah pandemi,  keduanya akhirnya sepakat untuk ‘Flip the Situation’. 

“Maksudnya, kami berdua itu jadi mencoba berpikir terbalik bahwa anjuran untuk di rumah saja memang anugerah untuk kami. Bisa memanfaatkan waktu untuk menikmati berkumpul bersama anak-anak di rumah. Kalau biasanya kami berdua kan cukup sibuk. Malah bisa dibilang, karena padatnya aktivitas jarang di rumah. Sekarang malah kami jadi di rumah saja,” papar Shahnaz.

Toh, menurut Shahnaz, meskipun di rumah saja, bukan berarti berbagai tradisi di Bulan Ramadan dan Lebaran tidak bisa dilakukan. Hal ini pun berlaku untuk tetap menjaga silaturahmi. 

Agar silaturahmi virtual bisa berjalan dengan baik, orangtua dari Pruistin Aisha Haque Ramadhan, Charlotte Fatima Haque Ramadhan ini pun mempersiapkan beberapa hal lebih dulu.

5 Tips agar silaturahmi virtual bisa berjalan lancar

silaturahmi virtual

Apa saja?

1. Membuat daftar dan mengatur waktu siapa saja yang akan dihubungi saat melakukan silaturahmi online. Termasuk apa saja yang ingin diungkapkan.

“Jadi, kita nggak usah bingung mau ngomong apa. Ngobrolnya juga jadi nggak ngalor ngidul sehingga tidak perlu membuang-buang waktu. Semua pesan yang ingin disampaikan bisa diutarakan dengan baik.”

2. Agar lebih personal dan keluarga serta kerabat yang dihubungi merasa lebih spesial, pasangan ini bahkan membuat kartu ucapan virtual secara khusus.

“Jangan berikan yang sudah template pada semua orang. Supaya bisa lebih personal bisa mencari foto lama dan menggunakan foto orang yang dituju,” tegas Shahnaz. 

3. Menikmati santap Hari Raya bersama secara virtual, sehingga suasana hari raya masih dapat dinikmati sambil berbincang hangat.

4. Saling mengirimkan makanan dan hampers dari UMKM untuk disantap bersama di waktu yang ditentukan, serta ditampilkan saat santap virtual. Silaturahmi sekaligus membantu perekonomian tetap bergerak.

5. Sementara Gilang, karena dirinya musisi, tahun ini pun dirinya memiliki cara yang terbilang unik dalam melakukan silaturahmi online. Caranya, dengan  mengirim lagu yang dinyanyikan untuk keluarga, sahabat, dan relasi.

Keutamaan Silaturahmi

Mengingat manusia merupakan mahluk sosial, maka tidak mengherankan jika di manapun dan kapanpun perlu terkoneksi atau berhubungan dengan manusia yang lain. 

Caranya, tentu saja dengan melakukan silaturahmi. Dalam agama Islam, silaturahmi ini memang sangatlah penting.

Setidaknya ada beragam ayat dan hadist yang memperlihatkan kutamaan menyambung tali silaturahmi dengan orang lain. 

Silaturahmi dapat meluaskan pintu rizqinya dan dipanjangkan umurnya

Sebagaimana hadist Rasullullah SAW yang berbunyi :

” مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ “

“Barangsiapa yang senang diluaskan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”

Dari sini bisa diartikan bahwa orang yang suka mengunjungi sanak saudaranya serta menjalin silaturhami akan dipanjangkan umurnya dan diluaskan rezekinya. 

Salah satu bentuk ketaatan kepada Allah SWT

Allah swt berfirman:

وَالَّذِينَ يَصِلُونَ مَآأَمَرَ اللهُ بِهِ أَن يُوصَلَ وَيَخشَوْنَ رَبَّهُمْ وَيَخَافُونَ سُوءَ الْحِسَابِ

“dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan, dan mereka takut kepada Rabbnya dan takut kepada hisab yang buruk” (QS. Ar-Ra’d :21)

Pentingnya menyambung tali silaturahmi juga merupakan salah satu hal yang diperintahkan oleh Allah SWT maka dengan menjalankan perintahnya maka kita taat kepada Allah SWT. Menjalin silaturahmi juga merupakan salah satu cara meningkatkan akhlak terpuji.

Menjauhkan pintu neraka dan mendekatkan pintu surga

Tak main-main, salah satu keutamaan silaturahmi adalah bisa mendekatkan dengan surga dan dijauhkan dari api neraka. 

Hal ini telah tertera dalam hadist berikut ini :

” تَعْبُدُ اللهَ وَلاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا وَتُقِيْمُ الصَّلاَةَ وَتُؤْتِيَ الزَّكَاةَ وَتَصِلُ الرَّحِمَ “

“Engkau menyembah Allah swt dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi” (HR Bukhari dan Muslim)

Dan dalam satu riwayat:

” إِنْ تَمَسَّكَ بِمَا أَمَرْتُهُ بِهِ دخَلَ َالْجَّنََّةَ “

“Jika dia berpegang dengan apa yang Kuperintahkan kepadanya niscaya ia masuk surga.”

Mengingat ada banyak keutamaan dari silaturahmi, meskipun melewati Lebaran di tengah pandemi dan harus di rumah saja, maka jangan sampai melewatkan silaturahmi virtual lewat video call dengan keluarga atau sahabat.

Baca juga : 

Lebaran pertama di Indonesia, ini yang dirindukan Sheza Idris dan suami

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

app info
get app banner