Masih Harus WFH? No Problem, Yuk Simak Tips Jaga Kesehatan di Rumah saat WFH

Masih Harus WFH? No Problem, Yuk Simak Tips Jaga Kesehatan di Rumah saat WFH

Yuk, lakukan tips berikut ini untuk jaga kesehatan Bunda selama work from home di rumah.

Work from home mungkin membuat jadwal pekerjaan Parents menjadi lebih fleksibel. Namun tak jarang, hal ini juga bisa mengganggu kondisi kesehatan fisik dan mental karena mungkin malah kewalahan menyeimbangkan antara kegiatan mengurus rumah atau anak dengan pekerjaan.

Untuk beberapa orang, durasi waktu kerja malah semakin bertambah seiring dengan padatnya jadwal meeting. Akibatnya, duduk berjam-jam di depan komputer bikin kita seringkali lupa untuk jaga kesehatan. Padahal sebagai ibu, memastikan urusan rumah tangga tetap jalan dan melindungi keluarga juga sehat adalah hal terpenting. Oleh karena itu, di masa seperti ini kita jangan ambil risiko sakit, ya!

Yuk, lakukan tips berikut ini untuk jaga kesehatan Ibu selama work from home di rumah.

Tips Jaga Kesehatan di Rumah Saat WFH

1. Jangan Lewatkan Sarapan

Masih Harus WFH? No Problem, Yuk Simak Tips Jaga Kesehatan di Rumah saat WFH

Sarapan merupakan momen penting sebagai sumber energi Bunda saat bekerja. Meski tak banyak menghabiskan aktivitas fisik, berpikir dan berkonsentrasi juga membutuhkan energi yang cukup lho, Bun.

Pastikan Bunda selalu sarapan di pagi hari sebelum memulai aktivitas pekerjaan, ya. Tak cuma untuk kesehatan, tapi juga untuk kualitas pekerjaan Bunda yang lebih baik!

2. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Masih Harus WFH? No Problem, Yuk Simak Tips Jaga Kesehatan di Rumah saat WFH

Agar asupan vitamin D tetap tercukupi, tak ada salahnya untuk melakukan aktivitas berjemur di pagi hari. Bunda bisa berjemur di rentang waktu pukul 9-10 pagi selama 15 menit saja. 

Selain baik untuk kesehatan tulang, aktivitas berjemur juga bisa Bunda jadikan sebagai momen relaksasi untuk membangun semangat positif dalam mengawali hari. 

Artikel terkait: Tak hanya perhatikan waktu, ini faktor lain yang perlu diketahui saat berjemur

3. Tetap Berolahraga

Masih Harus WFH? No Problem, Yuk Simak Tips Jaga Kesehatan di Rumah saat WFH

Sempatkan untuk tetap membuat tubuh Bunda bergerak dengan berolahraga. Tak perlu terlalu lama, 15-20 menit adalah waktu yang tepat untuk Bunda luangkan setiap harinya. Yang terpenting, Bunda melakukannya dengan rutin, ya!

Ada banyak pilihan olahraga yang bisa Bunda lakukan di rumah, seperti senam aerobik, zumba, yoga, push up, hingga berjalan di treadmill.

Olahraga dapat membuat aliran darah ke otak dan jantung lebih lancar, sehingga tubuh Bunda tentu saja jauh lebih bugar. Saat sirkulasi darah di seluruh tubuh lebih lancar, Bunda bisa lebih mudah berkonsentrasi serta memiliki mood yang baik. Setelah berolahraga, jangan lupa kembalikan cairan tubuh yang hilang dengan minum AQUA ya Bunda!

Artikel terkait: 12 Gerakan olahraga mudah di rumah agar tubuh tetap fit

4. Selektif pada Makanan

Masih Harus WFH? No Problem, Yuk Simak Tips Jaga Kesehatan di Rumah saat WFH

Godaan untuk mengonsumsi camilan saat work from home memang luar biasa, ya! Namun, pastikan Bunda tetap selektif dalam memilihnya.

Beri perhatian lebih besar pada kesehatan tubuh Bunda. Misalnya, dengan memilih camilan-camilan yang sehat dan rendah gula.

Bunda juga bisa memilih camilan rendah kalori seperti oats, salad, ataupun yoghurt. Camilan sehat ini akan menjaga kesehatan tubuh Bunda tetap prima dan tetap berkonsentrasi selama bekerja.

5. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh dengan Rajin Minum Air 

tips jaga kesehatan di rumah

Yang satu ini sering dilupakan, padahal tidak boleh dilewatkan! Tahukah Bunda kalau 2/3 tubuh manusia tersusun dari air? Karenanya, fungsi air sangat esensial bagi tubuh.

Meski di rumah mobilitas lebih sedikit, Bunda tetap harus memenuhi asupan cairan tubuh dengan optimal. Dampak jangka pendek kekurangan cairan atau dehidrasi, sudah bisa memengaruhi fungsi kognitif dan mood kita, seperti mudah lelah, gampang mengantuk, konsentrasi menurun, sampai penurunan daya ingat. Hal ini tentunya harus Bunda hindari agar bisa tetap semangat bekerja dan mengurus keluarga di rumah.

Artikel terkait: Minum air putih jangan tunggu haus, ini alasannya!

Pastikan Bunda selalu mengonsumsi minimal 2 liter atau setara dengan 8 gelas air mineral setiap harinya. Pilih air yang kandungan mineralnya berkualitas dan terjaga, yang bisa Bunda dapatkan dalam #KebaikanAQUA.

AQUA melindungi keseimbangan ekosistem sekitar sumber airnya sehingga kekayaan mineralnya terjaga. Prosesnya pun dilakukan secara menyeluruh di pabrik AQUA, dengan proses pengisian yang tidak tersentuh tangan manusia. Sebelum sampai ke rumah kita, AQUA telah melewati lebih dari 400 parameter cek untuk menjamin kualitasnya terjaga. 

Bunda tau nggak, kalau tutup galon AQUA menggunakan teknologi double injection dan sudah dipatenkan, lho! Jadi, dapat mengunci kemurnian mineralnya hingga sampai ke tangan Bunda. 

Dapatkan #KebaikanAQUA setiap saat dengan selalu sedia AQUA galon di rumah ya, Bun. 

AQUA terlindungi untuk melindungimu.

 

Referensi:

https://www.thelancet.com/journals/lancet/article/PIIS0140-6736(20)30460-8/fulltext  

https://www.templehealth.org/about/blog/how-to-stay-healthy-while-working-from-home 

Pardede, S., Hardinsyah, Santoso, B., & Siregar, P. Hidrasi Sehat. 2019

 

Baca Juga:

Bunda, Yuk Pastikan Hidrasi Anak Terpenuhi untuk Meningkatkan Fokus Anak

Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik dan Psikis Ibu dengan Memenuhi Hidrasi Tubuh

Parents, Ini Dia 5 Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kesehatan Keluarga di Rumah

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Penulis

tere

app info
get app banner